Road Show Spektakuler Pengobatan Tradisional Gratis Dayak Ma’ayan dari DKB Rakat Mufakat di Fasilitasi Bupati Tabalong   

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Di lapangan Pendopo Bersinar Ruang Terbuka Representatif di Bumi Sarabakawa Kota Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan, ribuan warga sangat antusias mengikuti pengobatan Tradisional gratis yang dilaksanakan DKB (Dayak Kulawarga Borneo) Rakat Mufakat.

Kegiatan pengobatan yang dilakukan oleh DKB Rakat Mufakat ini tidak dipungut biaya (gratis) selama 2 hari, namun pasien tidak diwajibkan untuk membeli minyak ramuan Dayak Maayan ini akan tetapi menggantikan syarat (pikaras) berupa beras, uang ala kadarnya, kopi, gula dan lainnya, karena minyak tersebut yang digunakan untuk memijat dan mengurut pasien dari pengobatan tersebut ada beberapa penyakit yang tidak langsung sembuh dan harus tetap berproses, namun lebih banyak yang langsung sembuh.

“Pengobatan alternatif ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang diperuntukan bagi warga sekitar kota Tabalong,” ujar Salam SH., M.H Ketua DKB Rakat Mufakat usai kegiatan pengobatan alternatif di Pendopo Bersinar Tabalong.

Pada kesempatan ini Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.S.i., mengatakan pengobatan gratis dari DKB Rakat Mufakat bisa mengurangi beban masyarakat.

“Kita ingin negara hadir mengurangi beban masyarakat, saya harap ini bisa meringankan beban masyarakat,” kata Anang.

Pantauan awak media di Lapangan Pendopo Bersinar di Jalan Stadion Kelurahan Pembataan kecamatan Murung Pudak Tabalong, Rabu (13/9/2023) dan Kamis (14/9/2023) pengobatan gratis ini dilakukan untuk masyarakat, murni sebagai bagian dari kepedulian antar sesama dan gratis.

“Sebanyak 20 orang yang tergabung dalam DKB Rakat Mufakat diturunkan,” katanya.

Dalam kegiatan itu, kata Salam S.H., M.H kegiatan pengobatan alternatif ini diikuti sebanyak 1000 an lebih warga sekitar Tabalong.

“Kami berani turun gunung untuk melakukan pengobatan alternatif medis ini kata Salam.

Sementara di kegiatan, Ketua DPW IWO (Ikatan Wartawan Online) Indonesia Kalsel Mona Herliani menyampaikan, pengobatan alternatif ini sengaja dilakukan guna membantu masyarakat yang mengalami penyakit tahunan.

” Kami lakukan pengobatan alternatif ini untuk mengurangi beban warga tidak mampu,” ujar Ketua DPD LMA (Laskar Macan Asia)  salah satu Ormas besar di Kalimantan Selatan

Bunda Mona sapaan akrabnya mengaku sangat berterima kasih kepada Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.S.i, berkat memfasilitasi pengobatan alternatif yang spektakuler dan sangat bermanfaat bagi masyarakat warga Tabalong dan sekitarnya.

“Di tengah negara yang sedang mengalami pasca pandemi termasuk Kabupaten Tabalong, tetapi Bapak Anang mampu memfasilitasi kegiatan yang begitu luar biasa untuk masyarakat kabupaten Tabalong” puji Bunda Mona.

Salah seorang leadership dari team ini, Bandi mengatakan bahwa pengobatan alternatif ini merupakan salah satu jalan terbaik bagi warga yang memang sudah terlalu lama menderita penyakit.

“Ini sebagai salah satu alternatif bagi mereka yang telah lelah dan lama menderita sakit, kami hanya dapat membantu dan sebagai media saja dalam hal ini. Selebihnya adalah kuasa dari Allah Sang Pencipta,” ujarnya.

Untuk diketahui, lebih dari 1000 an warga yang ada di sekitar Pendopo Bersinar Tabalong datang untuk berobat alternatif. Kebanyakan warga yang datang langsung pulih dari sakit penyakit yang dideritanya.

Ada sejumlah warga yang datang ke pengobatan alternatif tersebut dengan menggunakan tongkat atau kruk dan kursi roda bahkan ada beberapa oang warga yang menderita penyakit stroke hampir selama 5 tahun lebih akhirnya bisa kembali bisa berdiri. (Nd)

No plagiat