Jelang Lebaran, Kapolda Kalsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2023

jelajahkalimantannews.com, Banjarbaru – Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2023 di Banjarbaru, Senin (17/4/2023) sore.

Apel dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi S.I.K., M.H., tersebut diikuti pasukan gabungan dari TNI, Polri, Dishub, Satpol PP, Senkom dan Pramuka Saka Bhayangkara.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi S.I.K., M.H, membacakan amanat Kapolri mengatakan, Operasi Ketupat 2023 diselenggarakan serentak di seluruh jajaran Polda selama 14 hari, mulai tanggal 18 April sampai 01 Mei 2023.

Operasi tersebut, jelas dia, melibatkan 2.238 personel pengamanan gabungan terdiri dari unsur Polri, TNI, pemda serta stakeholders terkait dan elemen masyarakat lainnya.

Terdiri dari 1.354 personel di antaranya anggota Polri, 174 personel dari TNI, dan personel lainnya dari instansi dan dinas terkait.

Andi Rian juga mengatakan, perayaan hari raya Idul Fitri sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah, berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat.

Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, sambung dia, pada tahun 2023 ini pemerintah memberikan kelonggaran-kelonggaran kepada masyarakat untuk dapat merayakannya dengan berkumpul bersama keluarga.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam amanatnya yang dibacakan Andi Rian meminta agar situasi Kamtibmas betul-betul dijaga melalui berbagai kegiatan, seperti patroli pada jam-jam rawan untuk mengantisipasi tindak pidana dan menghadirkan personel berseragam di tempat ibadah, terutama pada pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Selain itu, terang dia, pengamanan akan dilakukan di masjid-masjid yang menggelar shalat Idul Fitri. Untuk pengamanan juga dilakukan di tempat hiburan, wisata, dan tempat kegiatan masyarakat, termasuk jalan, jembatan, terminal, pelabuhan dan bandara.

“Oleh karena itu, Operasi Ketupat Intan-2023 harus dilaksanakan secara optimal. Perjalan mudik maupun balik berjalan lancar, aman dan sehat. Kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan antisipasi. Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Idul Fitri 1444H/2023 dengan aman dan sehat, baik dari gangguan kamtibmas. Untuk itu, pelaksanaan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat,”papar Andi Rian.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian Djajadi S.I.K., M.H, himbau kepada masyarakat jika akan melaksanakan mudik lebaran pada tahun ini, untuk tidak lupa mematikan listrik, kompor dan juga pintu serta jendela.

“Pastikan rumah saat ditinggal dalam kondisi aman, pastikan semua listrik sudah tercabut sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,”tutur Andi Rian.

Menurutnya yang terpenting adalah mengingatkan mereka untuk berhati-hati dan menggunakan alat keselamatan berkendara seperti helm.

Selain itu juga kesiapan kesehatan diri mereka dalam berkendara dan kesiapan kendaraan yang akan mereka gunakan.

“Kami berpesan agar pengguna jalan untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Jaga kecepatan kendaraan, kalau memang lelah harus beristirahat. Sehingga tujuan mereka mudik harus bisa sampai ke alamat tujuan,” pungkasnya. (Nd)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No plagiat