Di Fasilitasi Julak Rossi, Pengobatan Tradisional Dayak Maayan Gratis dari Pangkalima Bangkirayen Diserbu Warga 

jelajahkalimantannews.com, Banjarnasin- Pengobatan tradisional Dayak Maanyan dari Eda Steven Lalung (Pangkalima Bangkirayen) yang dilaksanakan di Taher Square jalan P Tendean Banjarmasin Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu (17/9/2023)

Terlihat wargapun sangat antusias untuk  berobat karena pengobatan tradisional ini  terbukti. Penampilan Pangkalima Bangkirayen yang memanaskan panggung dengan membawakan atraksi sebelum menyembuhkan pasien Eda Steven Lalung rupanya menari terlebih dahulu.

Kegiatan pengobatan yang dilakukan dan di Fasilitasi H.M Rosehan Noor Bahri S.H., dan Julak Rossi (Jalan Umum Lancar Akibat Kedatangan Rosehan Sang Idola) tidak dipungut biaya (gratis) selama 2 hari dari Tanggal 16-17 September 2023.

Sebagai informasi, Eda Steven Lalung selalu tampil mengenakan pakaian adat khas suku Dayak yang menjadi ciri khasnya.

Usai menari-nari, Eda Steven Lalung lantas mengoleskan minyak berwarna seperti teh yang diberi nama Minyak Dayak Maanyan

Minyak itu ia oleskan ke bagian tubuh pasien di letak yang yang terdapat penyakit.

Eda Steven Lalung terus menuai sorotan sejak viral dirinya yang diketahui mampu menyembuhkan berbagai penyakit pasien.

Eda Steven Lalung selama satu minggu ini di Banjarmasin rata rata masyarakat yang telah di obati kurang lebih 1800 orang dan alhamdulillah dan Puji Tuhan 89% sembuh.

Pria asal Bangkirayen Tamiang Layang Provinsi Kalimantan Tengah ini diketahui sudah berkeliling beberapa pulau di Indonesia untuk mengobati penyakit warga.

Bukan penyakit ringan, Eda Steven Lalung rupanya menyembuhkan ragam penyakit berat berat lainnya, seperti salah urat, meluruskan tulang bengkok, hingga stroke.

Tak cuma itu Eda Steven Lalung juga viral di sebuah video usai mengobati seorang wanita yang tak bisa mendengar dan berbicara.

Kini, banyak warga yang mencari-cari Eda Steven Lalung untuk bisa mengobati penyakit yang diderita para pasien.

Apalagi Eda Steven Lalung sama sekali tak memungut biaya sepeser pun dalam pengobatannya.

Namun pasien tidak diwajibkan untuk membeli minyak ramuan Dayak Maayan akan tetapi menggantikan berupa syarat (pikaras) berupa beras, uang ala kadarnya, kopi, gula dan lainnya, karena minyak tersebut yang digunakan untuk memijat dan mengurut pasien dari pengobatan tersebut ada beberapa penyakit yang tidak langsung sembuh dan harus tetap berproses, namun lebih banyak yang langsung sembuh.

Namun perlu diketahui Eda Steven Lalung tak semata hanya menari saja dalam menjalankan proses pengobatan.

Sebagai seorang Nasrani, Eda Steven Lalung selalu melibatkan Tuhan dalam proses penyembuhan penyakit pasien.

Hal itu dibuktikannya dengan tak lepas menyebut doa-doa saat memulai pengobatan.

“Jangan berharap kesembuhan sama Eda Steven Lalung. Bisa juga kesembuhan berusaha sendiri, bisa juga disembuhkan orang lain dan Maha Kuasa,” katanya.

“Pengobatan alternatif ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang diperuntukan bagi warga sekitar kota Banjarmasin,” ujar Hj Hasni S.H.,salah satu tim support usai kegiatan.

Pada kesempatan ini Hj Hasni S.H., mengatakan pengobatan gratis dari Eda Steven Lalung (Pangkalima Bangkirayen) bisa mengurangi beban masyarakat

“Kita ingin hadir mengurangi beban masyarakat, saya harap ini bisa meringankan beban masyarakat,” katanya.

“Sebanyak 20 orang lebih yang tergabung dalam kegiatan ini diturunkan,” katanya.

Dalam kegiatan itu, kata Hj Hasni kegiatan pengobatan alternatif ini diikuti sebanyak ribuan lebih warga sekitar Banjarmasin.

“Kami berani turun gunung untuk melakukan pengobatan alternatif medis ini kata Hj Hasni S.H.

Lanjut Eda Steven Lalung mengaku sangat berterima kasih kepada Rosehan NB S.H., berkat memfasilitasi pengobatan alternatif yang spektakuler dan sangat bermanfaat bagi masyarakat warga Banjarmasin dan sekitarnya.

“Di tengah negara yang sedang mengalami pasca pandemi termasuk Kota Banjarmasin tetapi Bapak Rosehan mampu memfasilitasi kegiatan yang begitu luar biasa untuk masyarakat kota Banjarmasin,” puji Pangkalima Bangkirayen ini. (Nd)

 

 

 

 

 

 

No plagiat