Bantu Warga, Rosehan Memfasilitasi Pengobatan Tradisional Dayak Maayan Gratis Menghadirkan Pangkalima Bangkirayen

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Di Taher Scquare jalan Pacinan Laut Banjarmasin atau dekat Patung Bekantan Provinsi Kalimantan Selatan, ribuan warga sangat antusias mengikuti pengobatan Tradisional gratis yang dilaksanakan mantan Wakil Gubernur atau Wagub Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Rosehan Noor Bahri S.H yang menggelar pengobatan tradisional “Dayak Maanyan dengan menghadirkan Eda Steven Lalung (Pangkalima Bangkirayen)

Kegiatan pengobatan yang dilakukan dan di Fasilitasi Rosehan NB S.H., ini tidak dipungut biaya (gratis) selama 2 hari, namun pasien tidak diwajibkan untuk membeli minyak ramuan Dayak Maayan akan tetapi menggantikan berupa syarat (pikaras) berupa beras, uang ala kadarnya, kopi, gula dan lainnya, karena minyak tersebut yang digunakan untuk memijat dan mengurut pasien dari pengobatan tersebut ada beberapa penyakit yang tidak langsung sembuh dan harus tetap berproses, namun lebih banyak yang langsung sembuh.

“Pengobatan alternatif ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang diperuntukan bagi warga sekitar kota Banjarmasin,” ujar Hj Hasni S.H.,salah satu tim support usai kegiatan.

Pada kesempatan ini Hj Hasni S.H., mengatakan pengobatan gratis dari Eda Steven Lalung (Pangkalima Bangkirayen) bisa mengurangi beban masyarakat

“Kita ingin hadir mengurangi beban masyarakat, saya harap ini bisa meringankan beban masyarakat,” kata salah satu pengurus Partai Besar ini.

Pantauan awak media di Lapangan, Sabtu (16/9/2023) pengobatan gratis ini dilakukan untuk masyarakat, murni sebagai bagian dari kepedulian antar sesama dan gratis.

“Sebanyak 20 orang yang tergabung dalam kegiatan ini diturunkan,” katanya.

Dalam kegiatan itu, kata Hj Hasni kegiatan pengobatan alternatif ini diikuti sebanyak ribuan lebih warga sekitar Banjarmasin.

“Kami berani turun gunung untuk melakukan pengobatan alternatif medis ini kata Hj Hasni S.H.

Sementara di kegiatan, Eda Steven Lalung (Pangkalima Bangkirayen) menyampaikan, pengobatan alternatif ini sengaja dilakukan guna membantu masyarakat yang mengalami penyakit tahunan.

” Kami lakukan pengobatan alternatif ini untuk mengurangi beban warga tidak mampu,” ujarnya.

Eda Steven Lalung mengaku sangat berterima kasih kepada Rosehan NB S.H., berkat memfasilitasi pengobatan alternatif yang spektakuler dan sangat bermanfaat bagi masyarakat warga Banjarmasin dan sekitarnya.

“Di tengah negara yang sedang mengalami pasca pandemi termasuk Kota Banjarmasin tetapi Bapak Rosehan mampu memfasilitasi kegiatan yang begitu luar biasa untuk masyarakat kota Banjarmasin,” puji Eda StevenLalung.

Eda Steven Lalung mengatakan bahwa pengobatan alternatif ini merupakan salah satu jalan terbaik bagi warga yang memang sudah terlalu lama menderita penyakit.

“Ini sebagai salah satu alternatif bagi mereka yang telah lelah dan lama menderita sakit, kami hanya dapat membantu dan sebagai media saja dalam hal ini. Selebihnya adalah kuasa dari Allah Sang Pencipta,” ujarnya.

Untuk diketahui, lebih dari ribuan warga yang ada di sekitar Taher Square datang untuk berobat alternatif. Kebanyakan warga yang datang langsung pulih dari sakit penyakit yang dideritanya.

Ada sejumlah warga yang datang ke pengobatan alternatif tersebut dengan menggunakan tongkat atau kruk dan kursi roda bahkan ada beberapa oang warga yang menderita penyakit stroke hampir selama 5 tahun lebih akhirnya bisa kembali bisa berdiri. (Nd)

 

 

 

 

 

 

No plagiat