Pertamina Gelar Simulasi Darurat di TBBM Banjarmasin: Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Keamanan Operasional

oplus_0

JELAJAH KALIMANTAN NEWS, BANJARMASIN – 22 Mei 2024, Pertamina melaksanakan Simulasi Keadaan Darurat Level 1 di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Banjarmasin untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan kerja dan kesiapan dalam menghadapi keadaan darurat. Simulasi ini menguji keandalan sistem penanggulangan darurat dan memberikan bekal kesiapsiagaan kepada pekerja dan mitra kerja di lingkungan TBBM Banjarmasin.

Latihan ini mencakup skenario kebakaran, kebocoran, dan evakuasi, dengan partisipasi tim dari berbagai departemen yang menunjukkan komitmen terhadap keselamatan operasional. Jalur evakuasi yang digunakan meliputi Jalan Kuin Selatan dan Jalan HKSN Banjarmasin.

Hartono Spv HSE & Fleet Safety PT Pertamina Patra Niaga Banjarmasin menyatakan bahwa simulasi ini bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan pekerja dan mitra kerja. “Kesiapan menghadapi keadaan darurat di TBBM Banjarmasin adalah komitmen kami untuk mendukung zero fatality dan mencegah kejadian tak terduga di wilayah operasi,” ujarnya, Rabu (22/5/2024) pagi.

(Hartono Spv HSE & Fleet Safety PT Pertamina Patra Niaga Banjarmasin/ Poto istimewa)

Selain mengurangi kerugian materi, kesiapsiagaan ini menjamin operasional penyaluran dan penerimaan BBM tidak terganggu. Simulasi kebakaran tangki dipantau secara real-time, memungkinkan koordinasi yang efisien dan mitigasi risiko yang lebih efektif.

Kegiatan ini dikoordinasikan dengan instansi terkait seperti BPBD, Damkar Pemko, RS Suaka Insan, RS Islam, Polsek Banjarmasin Barat, Koramil, Pam Obvid, dan masyarakat setempat. “Simulasi ini adalah langkah positif menuju peningkatan keamanan dan kesiapan darurat di terminal ini,” tambah Hartono kepada media. (Nd_234)

No plagiat