Festival Bedug 2024: Mempertahankan Tradisi dan Kearifan Lokal dalam Suasana Ramadan

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – LSM DPD Pemuda Islam Kalsel, LSM Forpeban Kalsel, dan IPPI Kalsel mengadakan lomba tabuh bedug dalam Festival Bedug 2024, dihadiri oleh perwakilan lima kecamatan untuk memelihara kearifan lokal dan menjaga tradisi nusantara. Acara ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel. Acara berlangsung di depan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dihadiri langsung oleh Sekda Prov Kalsel, kapolsek Banjarmasin Tengah, dan tamu penting lainnya pada Selasa (9/4/2024).

Ketua LSM Forpeban Kalsel, Din Jaya, menyatakan, “Alhamdulillah, ini adalah kegiatan rutin kami di bulan suci Ramadan, melaksanakan festival gema takbir tahun 1445 Hijriah atau tahun 2024. Kami berharap agar masyarakat bisa bersatu merayakan hari kemenangan ini.”

H Din Jaya Ketua DPD Forpeban Kalsel didampingi Rolly Irawan Ketua DPD Pemuda Islam Kalsel saat diwawancarai Jurnalis (Poto Istimewa)

Sementara Rolly Irawan Ketua DPD Pemuda Islam Kalsel, menekankan kepada para peserta gema takbir untuk merayakannya dengan cara sesederhana mungkin, “Ini adalah malam yang sakral untuk para peserta gema takbir. Jangan ada yang memainkan musik DJ atau house musik. Jika ingin memutar musik, putarlah musik-musik takbir bernuansa Islami dan lebaran karena kita menyambut malam suci lebaran.”

Peserta terdaftar gema takbir tahun 2024 atau 1445 H mencakup sekitar 80-an, sedangkan yang tidak terdaftar lebih banyak. “Acara didukung oleh Paman Birin. Oleh karena itu, mudah-mudahan di tahun yang akan datang dengan pemimpin baru kegiatan kita masih bisa terlaksana. Dan semoga pemimpin kita Gubernur yang akan datang juga mendukung dan mensupport kegiatan kita ini,” tambahnya. (Nd_234)

No plagiat