Puluhan Naskah Bersaing Merebut Kesempatan Publikasi Jurnal Dalam Kegiatan KONAIKOM 3.0

JELAJAH KALIMANTAN NEWS, SURABAYA – Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media, Universitas Ciputra Surabaya, atau biasa disebut Fikom UC Surabaya sukses mengadakan Konferensi Nasional Ilmu Komunikasi atau biasa disebut KONAIKOM sebagai bentuk perayaan Dies Natalis ke 7. KONAIKOM sebagai kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Fikom UC Surabaya, telah diselenggarakan sebanyak dua kali, dan tahun ini adalah kali ketiga penyelenggaraan KONAIKOM, sehingga disebut KONAIKOM 3.0. KONAIKOM 3.0 mengangkat tema “Communication Shift in the Digital Age”, dengan disertai tujuh sub-tema pendukung, Selasa (28/5/2024)

KONAIKOM 3.0 memiliki salah satu kegiatan utama yang disebut Call For Paper. Call For Paper merupakan wadah yang disediakan oleh KONAIKOM 3.0 bagi mahasiswa, praktisi, dan akademisi seluruh Indonesia untuk menuangkan ilmu serta wawasannya dalam bentuk naskah. Call For Paper ini diikuti oleh 67 naskah terbaik yang dikirimkan mahasiswa, akademisi, dan praktisi. Selain itu, Call For Paper ini didukung oleh 13 mitra jurnal akreditasi dan jurnal nasional yang telah menjalin kerjasama dengan KONAIKOM 3.0. Melalui 13 mitra jurnal akreditasi dan jurnal nasional, terdapat kesempatan bagi 47 naskah terpilih untuk dipublikasikan dalam jurnal.

Dosen-dosen Fikom UC Surabaya turut serta berpartisipasi dalam kegiatan KONAIKOM 3.0, salah satunya dengan menjadi pengulas naskah yang terkumpul. Naskah terkumpul, diulas oleh dosen-dosen Fikom UC Surabaya, dengan menggunakan rubrik penilaian yang telah dibuat sebelumnya sebagai dasar acuan. Tidak hanya diulas, naskah-naskah yang terkumpul dalam KONAIKOM 3.0 juga dipresentasikan oleh sang penulis naskah, di hadapan para dosen-dosen pengulas, dalam masing-masing ruang panel. Melalui presentasi yang dilakukan, terdapat dua kategori penghargaan yang dilahirkan, yaitu Best Paper dan Best Presenter.

Tidak hanya Call For Paper, seminar juga menjadi salah satu agenda kegiatan KONAIKOM 3.0. Aulion, salah satu art content creator Indonesia, merupakan pembicara yang berhasil didatangkan oleh KONAIKOM 3.0. Harapannya, penyelenggaraan KONAIKOM 3.0 dapat menjadi langkah peningkatan wawasan terkait karya penulisan naskah, maupun terkait perubahan komunikasi di era digital.

Penulis: Johanes Gwyne Alvanz

Editor : Nd_234

No plagiat