Masa Jabatan Kades Batola Diperpanjang Jadi 8 Tahun, Gubernur Kalsel Apresiasi dengan Bonus Rp 10 Juta

JELAJAH KALIMANTAN NEWS, BATOLA – Kabar gembira datang bagi para kepala desa (kades) di Kabupaten Barito Kuala (Batola). Masa jabatan mereka resmi diperpanjang dari 6 tahun menjadi 8 tahun, setelah perjuangan panjang dari berbagai pihak, termasuk Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Batola.

Ketua APDESI Batola, H. Meri Apriansyah, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas diterimanya revisi Undang-Undang Desa No. 6 Tahun 2014.

“Alhamdulillah, perjuangan kita membuahkan hasil,” ujarnya usai pengukuhan di Gedung Pawon Tlogo Handil Bakti, Senin (10/6/2024).

Meri Apriansyah juga menyampaikan rasa bangganya atas kehadiran Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor, dalam acara pengukuhan tersebut.

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami, khususnya kades di Batola atas kehadiran Gubernur Kalsel. Terima kasih banyak, Paman Birin,” tuturnya.

Sebagai bentuk apresiasi, Gubernur Sahbirin Noor memberikan bonus sebesar Rp 10 juta kepada 7 orang kades yang beruntung.

“Terima kasih dan selamat kepada Paman Birin atas bonusnya. Ini sangat luar biasa,” ucap H. Meri Apriansyah dengan penuh semangat.

Perpanjangan masa jabatan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi kades untuk menyelesaikan program-program pembangunan desa dengan lebih maksimal.

“Dengan 8 tahun masa jabatan, kami bisa fokus bekerja untuk memajukan desa tanpa terburu-buru,” jelas H. Meri Apriansyah.

Tak hanya itu, APDESI Batola juga akan mengikuti kegiatan Peringatan Satu Dasawarsa Undang-Undang Desa yang akan digelar di Jakarta pada tanggal 13 Juni 2024. Acara ini memperingati perjalanan 10 tahun UU Desa, syukuran atas pengesahan UU No. 3 Tahun 2024, serta mendapatkan pengarahan Presiden Republik Indonesia. Dalam acara ini juga akan diberikan apresiasi dan penghargaan kepada tokoh yang berjasa dalam pembangunan desa.

“InsyaAllah kades yang akan berangkat untuk menghadiri acara di Jakarta nanti ada 368 kades, dengan rincian dari Kab. Balangan 32 orang, Kab. Banjar 184 orang, Tala 11 orang, Batola 21 orang, HST 96 orang, Tabalong 42 orang, Tapin 4 orang, dan HSU 44 orang, total sementara 368 orang,” bebernya.

“Kami mungkin akan carter dua pesawat untuk membawa rombongan kepala desa dari Kalsel. Insya Allah, berangkat tanggal 12 Juni 2024 nanti. Kami harap ini menjadi momen untuk mempererat silaturahmi dan memperjuangkan hak-hak kades di tingkat nasional,” pungkasnya. (Nd_234)

No plagiat