Kasrem 101/Antasari Hadiri Sosialisasi Pembentukan Komcad Matra Darat Tahun 2024

JELAJAH KALIMANTAN NEWS, BANJARMASIN – Kasrem 101/Antasari Kolonel Inf Hari Santoso, S.Sos., M.I.P., M.H.I. menghadiri Sosialisasi Pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) Matra Darat Tahun 2024 oleh Kolonel Kav Fery Firmansyah beserta tim di Aula Makorem 101/Antasari. Senin (20/05/2024).

Komponen Cadangan dibentuk dengan tujuan untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan TNI sebagai Komponen Utama, dalam upaya penyelenggaraan Pertahanan Negara untuk menjaga dan melindungi kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman yang dilaksanakan berdasarkan kebijakan Presiden.

“Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan generasi penerus yang lebih berkarakter dan berwawasan kebangsaan yang tinggi, sehingga apapun profesi yang dijalani saat ini dapat memberikan sumbangsih yang positif bagi bangsa dan negara. Potensi yang baik dari semua profesi ini dapat tersalurkan dengan maksimal dengan mengikuti pelatihan Komponen Cadangan sebagai bentuk nyata wujud bela negara,” ucap Kasrem.

“Rekrutmen ini bersifat terbuka atau siapa saja boleh mendaftar untuk mengikuti seleksi, asalkan memenuhi syarat. Rencana pembentukan Komponen Cadangan (KOMCAD) Matra Darat Tahun 2024 di wilayah Kodam VI/Mulawarman sebanyak 1.000 orang yang akan dibagi menjadi 2 gelombang dan setiap gelombangnya akan direkrut sebanyak 500 orang. Pelaksanaan rekrutmen akan dilaksanakan di Rindam VI/Mulawarman Banjarmasin,” jelas Kasrem.

“Bagi yang lulus seleksi, nantinya akan dilanjutkan mengikuti pendidikan sebagai bekal anggota komponen cadangan. Setelah selesai mengikuti pendidikan akan mendapatkan beberapa keuntungan, seperti ilmu dasar-dasar militer dan juga akan memiliki ketrampilan dalam ketahanan pangan,” pungkas Kasrem.

Turut dihadiri oleh Kasiter Kasrem 101/Antasari, Kadis Pendidikan Provinsi Kalsel, Kakesbangpol Provinsi Kalsel, Kasatpol PP Provinsi Kalsel, para Kadis Pendidikan Kab/Kota Se-Kalsel, para Rektor, Dekan, dan Dosen, serta Danmenwa Kalsel. (Penrem 101/Ant).

No plagiat