Tingkatkan Mutu Pelayanan, Dinkes Kota Banjarmasin Gelar Workshop Pemahaman Akreditasi Klinik Kesehatan 

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin menggelar workshop akreditasi klinik di sebuah Hotel di Banjarmasin, Senin (17/7/2023) hingga Selasa (18/7/2023). Diharapkan, seluruh klinik kesehatan mampu meningkatkan akreditasinya.

“Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih pada petugas klinik, tentang penerapan manajemen mutu di klinik, keterampilan dalam mengevaluasi program dan analisis data dalam melakukan pengukuran, evaluasi dan tindak lanjut indikator pada standar peningkatan mutu,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Banjarmasin Dr. M. Ramadhan.,SE.,ME.,Ak.,CA, Senin (17/7/2023).

Kemudian, klinik bisa meningkatkan pembinaan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen puskesmas. Baik Administrasi Manajemen (Admen), Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP).

Ramadhan mengatakan, merujuk Permenkes RI Nomor 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi, pada tahun 2022 diharapkan semua klinik bisa terakreditasi. Baik itu klinik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan maupun yang belum. Namun, prioritasnya yaitu klinik yang bekerjasama dengan BPJS diharapkan bisa terakreditasi.

Di sisi lain tujuan digelarnya workshop akreditasi klinik ini, sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien, meningkatkan perlindungan bagi sumber daya manusia kesehatan masyarakat dan lingkungannya, serta meningkatkan kinerja pelayanan klinik.

“Yang ada di pemahamanan klinik saat ini, biaya akreditasi ini mahal dan prosesnya ribet. Karena itu, kami bersama Lembaga Akreditasi Semarang memfasilitasi pelaksanaan workshop akreditasi klinik. Kami ingin klinik ini kemudian bersemangat untuk memproses akreditasinya,” katanya.

Menurut Ramadhan, akreditasi klinik merupakan bentuk pengakuan lembaga independen penyelenggara akreditasi yang setelah memenuhi standar akreditasi. Akreditasi juga penting dalam upaya meningkatkan pelayanan dan keselamatan pasien, serta meningkatkan kinerja Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) perseorangan dan kesehatan masyarakat.

Diharapkan melalui workshop akreditasi klinik ini, total klinik yang telah terdaftar di Kota Banjarmasin bisa mempersiapkan pelaksanaan akreditasi. Tercatat, hadir 70 orang peserta yang mewakili 70 klinik se-Kota Banjarmasin.

Dalam workshop tersebut, disampaikan materi mengenai pemahaman instrumen akreditasi klinik, serta penyampaian materi tentang standar dan kriteria elemen penilaian akreditasi. Narasumber Dr.Joko Murdianto Anwar SKM dari Lembaga Akreditasi Semarang. (Nd)

 

No plagiat