KSOP Banjarmasin Siapkan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran 2024 dengan Infrastruktur dan Personel Siap Hadapi Lonjakan Penumpang 

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Kepala KSOP Kelas I Banjarmasin, Agustinus Maun, memimpin apel pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran 2024/1445 H pada Senin (25/3/2024) sore di Terminal Trisakti Pelabuhan Banjarmasin. Acara ini dihadiri oleh 12 instansi, termasuk Dishub Provinsi Kalsel, Distrik Navigasi, Kantor Kesehatan Pelabuhan, pihak kepolisian, dan stakeholder terkait.

Agustinus Maun menyatakan bahwa untuk angkutan lebaran tahun ini, telah disiapkan lima kapal penumpang yang mampu menampung total 2.885 penumpang dan 500 kendaraan. Berdasarkan prediksi, kapal-kapal ini diproyeksikan mampu mengakomodir semua calon penumpang, sehingga tidak ada lonjakan yang signifikan yang diperkirakan terjadi.

Untuk memastikan keselamatan dan keamanan alur pelayaran, KSOP Banjarmasin menyiagakan tiga kapal negara, serta SAR Banjarmasin dan TNI AL Banjarmasin yang menyiapkan kapal negara untuk tujuan yang sama. Selain itu, Distrik Navigasi Kelas II Banjarmasin juga telah menyiapkan kapal cadangan penumpang sebagai langkah antisipasi.

Agustinus Maun juga menegaskan kesiapan dalam hal pelayanan kesehatan. Kantor Kesehatan Pelabuhan Banjarmasin telah menyiagakan satu unit ambulans dan ruangan kesehatan dengan personelnya di pelabuhan, siap memberikan bantuan medis segera jika dibutuhkan oleh calon penumpang.

Posko terpadu di ruang embarkasi penumpang Pelabuhan Trisakti Bandarmasih akan didukung oleh delapan instansi pemerintah dan empat stakeholder, dengan total 187 personel. Dengan persiapan yang matang ini, KSOP Banjarmasin siap menghadapi arus mudik Lebaran 2024 dan menjaga kelancaran angkutan laut selama periode tersebut. (Nd_234)

No plagiat