Jalin Persaudaraan, BATAMAD Kalsel Bawa Budaya Dayak Ikuti Rangkaian HUT RI ke-78

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Sesuatu yang berbeda pada upacara pengibaran Bendera Merah Putih HUT ke-78 Kemerdekaan RI sepanjang 100 M di depan Mapolresta Banjarmasin, Kamis (17/8/2023) siang.

Kegiatan di Pimpin Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol  Sabana Atmojo Martosumito S.I.K., M.H diikuti tokoh masyarakat, Komunitas, LSM, Pelajar dan juga tamu undangan lainnya.

Diantara deretan barisan peserta upacara, ada satu barisan peserta yang mengenakan baju warna Hitam, Mereka adalah BATAMAD (Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak) Kalimantan Selatan.

Sebanyak 30 personel Batamad Kalsel yang ikut serta menjadi peserta Upacara HUT Kemerdekaan di Lapangan Polresta Banjarmasin, Kamis (17/8/2023). Keikutsertaan para anggota Batamad Kalsel ini merupakan kesekian kalinya di Kota Banjarmasin.

Ketua BATAMAD (Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak) Kalimantan Selatan Kelana yang mengikuti upacara pengibaran bendera, mengaku bangga bisa menjadi bagian dari peserta upacara HUT ke-78 RI tahun ini. Sebagai Warga Negara Indonesia, dirinya merasa memiliki tanggung jawab terhadap negara. Oleh sebab itu, melalui keikutsertaannya bersama sesama anggota lainnya, sebagai wujud kecintaan mereka terhadap tanah air.

Semua lapisan masyarakat memiliki andil dalam kemajuan Indonesia. Saya yakin, apapun profesi kita, kita semua bisa berkontribusi untuk kebaikan negeri dan bangsa ini,” katanya.

Diakuinya, ikut serta dalam upacara di Hari Kemerdekaan ini merupakan undangan dari Kapolresta Banjarmasin.

“Saat mengikuti upacara hari ini, ada rasa terharu dengan perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita, bagaimana para pejuang mati-matian bertempur melawan penjajah hingga kemerdekaan itu kita rasakan saat ini,” lirihnya.

Kelana menceritakan bagaimana para anggota Batamad menjaga kekompakkan satu sama lain. Meski para anggota berasal dari berbagai latar belakang, baik itu ras, suku dan agama, namun mereka saling menghormati dan hidup rukun menjalani profesi.

Rasa persaudaraan terjalin begitu erat, kami selalu menjaga kebersamaan sesama anggota.

Di usia ke-78 tahun RI ini, Kelana mempunyai setumpuk harapan untuk kemajuan bangsa Indonesia. Ia ingin negara yang dicintainya ini bisa semakin maju dari negara-negara lainnya, masyarakat yang sejahtera dan makmur juga menjadi dambaannya

Mudah-mudahan Indonesia lebih maju, damai dan aman, perekonomian terus tumbuh meningkat dan pendapatan kami juga ikut meningkat sehingga masyarakat Indonesia sejahtera,” imbuhnya. (Nd)

 

 

No plagiat