Jalin Persaudaraan, Hakka Kalsel Bawa Budaya Tionghoa Ikuti Rangkaian HUT RI ke 78  

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin– Sambut HUT RI ke-78 juga disambut gembira oleh warga Tionghoa, yakni Perkumpulan Hakka Kalimantan Selatan (PHKS).

Mereka turut bersuka cita dan merayakan momen kemerdekaan tersebut. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme warga Tionghoa di Kalsel dalam merayakan momen hari jadi negara berupa pengibaran bendera Merah Putih sepanjang 100 M di depan Mapolresta Banjarmasin, Kamis (17/8/2023)

Kegiatan di Pimpin Kapolresta Banjarmasin Kombes Sabana A Martosumito S.I.K., M.H diikuti Tokoh Masyarakat, Komunitas, LSM, Pelajar dan undangan lainnya.

Menurut Ketua Umum PHKS, Johnny Wijaya, momen kemerdekaan juga menjadi momen yang spesial bagi warga Tionghoa khususnya Perkumpulan Hakka Kalimantan Selatan (PHKS) di Indonesia.

“Kami juga warga Indonesia, berdomisili di Indonesia, dan tidak berbeda dengan warga Indonesia lainnya. Sehingga, sangat wajar kami juga merayakan dan gembira dengan momen 17 Agustus yang merupakan tanggal hari jadi kemerdekaan Indonesia,” ujar Johnny.

Ditambahkan Johnny, momen kemerdekaan ini juga patut disyukuri. “Dengan kemerdekaan, Indonesia menjadi negara yang berdaulat. Sehingga, semua rakyat bisa melakukan aktivitas dengan bebas dan merdeka juga. Yang penting, sekarang momen kemerdekaan itu harus diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan berkontribusi buat kepentingan negara dan bangsa kita,” sebutnya.

Termasuk juga pertunjukkan barongsai, liong yang berasal dari Tiongkok. Perwakilan ini  benar-benar menunjukkan rasa Kebhinekaan Indonesia.

“Harapan kita, semoga melalui acara ini bisa mempererat rasa persaudaraan, toleransi, kerukunan antar suku, ras, etnis, agama dalam kegiatan kegiatan positif ini. Selain itu juga bisa memperkenalkan budaya, seni Tionghoa dan sebagai pembuktian bahwa daerah Kalsel tidak seperti yang dibayangkan oleh dunia luar Kalsel.” tutur Johnny.

Tampak hadir Pengurus Hakka Kalsel dan seluruh anggota. (Nd)

No plagiat