Tingkatkan Mutu Penyelenggaraan Perpustakaan, Dispersip Kalsel Lakukan Pembinaan 

jelajahkalimantannews.com, Barabai – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) berkerja sama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan gelar pembinaan perpustakaan kabupaten/kota Se Kalimantan Selatan Tahun 2023, guna meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan.

Menghadirkan narasumber dari Dispersip Kalsel, yaitu Abdillah S.Sos, Pustakawan Ahli Madya dari Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan, Jumat (7/7/2023)

Kegiatan ini dipusatkan kepada 50 peserta dan diikuti pengurus perpustakaan se-kecamatan, Rutan klas IIB Barabai, desa, serta sekolah se-HST, Ponpes dan juga mahasiswa.

Abdillah S.Sos mengungkapkan, Dispersip berwenang mengatur, mengawasi, dan mengevaluasi penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan di wilayah masing-masing.

“Bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan perpustakaan yang diarahkan kepada standar nasional perpustakaan,” ungkapnya.

Abdillah mengatakan, pembinaan perpustakaan ini dilakukan untuk mensosialisasikan ataupun mengedukasi bagaimana pengelolaan perpustakaan yang berstandar nasional.

“Baik itu perpustakaan milik instansi pemerintah, sekolah ataupun swasta yang ada di Kabupaten HST bisa dikelola dengan baik dan berstandar nasional,” kata Abdillah.

“Tentu ini juga untuk meningkatkan dan mempertahankan pencapaian Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) tertinggi yang diraih Kalsel, dan peningkatan Indeks Kegemaran Membaca (IKM) Indonesia,” tuturnya.

Sementara di tempat yang sama, Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Dispersip Kalsel, Wildan Ahyar mengatakan, program ini sebagai komitmen Dispersip Kalsel untuk menambah ilmu pengetahuan, keterampilan, kecakapan, dan keahlian para pustakawan.

“Kita ingin para pengelola lebih mengerti lagi. Yang  baik semakin baik lagi, sehingga pengelolaan perpustakaan akan maksimal. Ditambah lagi infrastruktur yang mendukung, maka akan menjadi daya tarik masyarakat untuk berkunjung,” ungkap Wildan.

Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti pembinaan ini. Mereka memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam mengelola perpustakaan di wilayahnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten HST Drs Ahmad Fathoni melalui Sekretaris Drs Abdi Sisbari mengucapkan terima kasih atas pembinaan yang dilakukan, mengingat banyak program yang harus dibenahi dan dijalankan.

Tambah Abdi Sisbari pihaknya berharap pembinaan perpustakaan ini bisa mendorong peningkatan standar pengelolaan perpustakaan di Kabupaten HST.

“Dengan target yaitu perpustakaan di HST seluruhnya bisa mendapat akreditasi sebagai perpustakaan berstandar nasional,” harap dia.

“Semoga terus diberi dukungan penuh pemerintah, baik pusat, provinsi, maupun kabupaten, untuk lebih aktif kembali melaksanakan kegiatan yang mengandung pendidikan, khususnya minat membaca,” ucapnya. (Nd)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No plagiat