Terkait Rabies, Kadinkes kota Banjarmasin : Belum Ada Laporan Kasus di Banjarmasin

jelajahkalimtannews.com, Banjarmasin – Semakin banyaknya warga Banjarmasin yang mempunyai hewan peliharaan, terutama kucing dan anjing, bisa berdampak pada penyebaran Virus Rabies.

Guna mencegah hal itu, Dinas Kesehatan kota Banjarmasin, Antisipasinya untuk Banjarmasin sudah dibentuk dari tahun kemaren 5 Puskesmas Center Rabies.

Kepala Dinas Kesehatan kota Banjarmasin Dr. M. Ramadhan., SE., ME , Ak., CA., mengatakan, perwakilan tiap Kecamatan di bekali dengan Vaksin Rabies untuk profilaksis kasus gigitan binatang yang dicurigai rabies serta 1 RS rujukan khusus untuk kasus yang sudah mengarah secara klinis pada kasus rabies, sedangkan RS Rujukan Rabies yakni RS Sultan Suriansyah Banjarmasin, ungkapnya.

Tambah Ramdhan, ada 5 Puskesmas Center Rabies, yaitu :

1. Pkm Kuin Raya (Banjarmasin Barat)

2. Pkm Cempaka (Banjarmasin Tengah)

3. Pkm Terminal (BanjarmasinTimur)

4. Pkm Pemurus Baru (Banjarmasin Selatan)

5. Pkm Sei jingah (Banjarmasin Utara)

Ramadhan juga menuturkan kasus rabies sendiri di Kota Banjarmasin dari awal tahun sampai dengan sekarang belum ada laporan terkait rabies masih belum ada atau zero kasus, ucapnya.

Guna pencegahan rabies dapat dilakukan dengan memberikan vaksin rabies pada hewan peliharaan anda setiap 1 tahun sekali, segera melapor ke puskesmas atau rumah sakit terdekat bila digigit oleh hewan tersangka rabies untuk mendapatkan Vaksin Anti Rabies, pungkas Ramadhan. (Nd)

No plagiat