Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM dan We Inspire Gelar Inovasi Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukatif Android Berbasis Produk Lokal

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM mengadakan kegiatan Program Kemitraan Bersama Komunitas Pendidikan We Inspire Kota Banjarmasin dalam Rangka Inovasi Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukatif Android Berbasis Produk Lokal. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari yaitu Kamis 13/7/2023 di Taman Kamboja dan Jum’at 14/7/2023 di Creative Space yang dihadiri oleh Tim Penelitian Dosen Program Studi Pendidikan IPS, serta teman-teman dari We Inspire yang merupakan bagian dari Kemitraan Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM.

Pada hari pertama dari Tim Penelitian Dosen Program Studi Pendidikan IPS Bapak Prof. Bambang Subiyakto, M.Hum mengenalkan tujuan kegiatan kemitraan ini serta menyampaikan bagian anggota dari tim penelitian ini yaitu Bapak Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd dan Ibu Jumriani, M.Pd serta kami disini ingin mengenal lebih dalam tentang We Inspire.

Kegiatan diskusi dibuka dengan pengenalan komunitas We Inspire oleh Ketua Umum We Inspire Kota Banjarmasin. We Inspire merupakan wadah generasi muda untuk membentuk generasi yang berkualitas, berkarakter serta terwujudnya pemuda yang dapat menginspirasi kepada banyak orang, sesuai dengan visi dan misi dari We Inspire ini sendiri. Untuk berdirinya tanggal 27 Desember 2018, sampai saat ini hampir 100 pemuda yang ada di We Inspire menjadi bagian pemuda yang memberikan kebermanfaatan banyak orang, tutur M. Aditya Ramadhan selaku Ketua Umum We Inspire Kota Banjarmasin.

Ibu Dr. Mutiani, M.Pd menyampaikan terimakasih kepada We Inspire karna diperbolehkannya Kemitraan ini, dimana kemitraan ini merupakan dalam rangka Inovasi Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukatif Android Berbasis Produk Lokal yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM. Dengan adanya kegiatan selama 2 hari ini semoga ini tidak hanya terputus sampai dengan selesai nya kegiatan kemitraan ini, tapi kami mengharapkan semoga akan terus bersinergi bersama dari kami dan We Inspire ini, karna dari kegiatan-kegiatan We Inspire ini sangat patut diapresiasi, tutur Ibu Dr. Mutiani, M.Pd selaku dosen Program Studi Pendidikan IPS.

Ketua Umum We Inspire Indonesia juga mengucapkan terimakasih kepada Program Studi Pendidikan IPS, dengan adanya kemitraan bersama We Inspire ini, tentu kami sangat terbuka sekali untuk melakukan kerja sama, apalagi ini untuk kemajuan generasi muda. Dari We Inspire ini merupakan kerja sama pertama kali dengan bagian kampus, karna kami sendiri biasa berkegiatan kerja samanya antar organisasi, maka dari itu sangat bersyukur sekali kami dari We Inspire diberikan dukungan kerja sama dari kampus ULM Program Studi Pendidikan IPS, tutur Ahmad Baihaqi selaku Ketua Umum We Inspire Indonesia.

Dalam kegiatan diskusi tersebut juga Ketua Umum We Inspire Kota Banjarmasin menyampaikan kegiatan-kegiatan utama yang dilakukan We Inspire yaitu Diskusi Inpirasi, Training Of Leadership & Character, Lapak Mengaji, Pesantren Ramadhan serta yang baru-baru saja kami lakukan yaitu Winners Orientation & Character Building yang merupakan kegiatan tahunan dari We Inspire, tentu kegiatan dari We Inspire mempunyai capaian target dengan adanya kegiatan-kegiatan yang diberikan dapat memberikan kebermanfaatan baik bagi anggota We Inspire maupun pemuda yang ikut dalam kegiatan We Inspire.

Dihari kedua diskusi yang disampaikan yaitu berkenaan dengan Sosialisasi Game Edukatif Android Berbasis Produk Lokal sekaligus Praktek langsung untuk memainkan game tersebut yang disampaikan oleh Yusup selaku bagian dari tim Pendidikan IPS, dalam sosialisasi tersebut sangat luar biasa sekali antusias dari teman-teman We Inspire untuk mengetahui game tersebut. Setelah selesai penyampaian Game Edukatif tersebut dibuka sesi tanya jawab dimana banyak sekali teman-teman yang bertanya, sampai-sampai ada yang masih bertanya walau waktu kegiatan telah selesai.

Tentu kegiatan 2 hari ini sangat bagus apalagi program yang dibikin oleh Program Studi Pendidikan IPS Itukan diharapkan dapat membantu lah pengajaran kepada siswa-siswa sekolah, jadi dengan adanya media pembelajaran game tersebut diharapkan siswa akan lebih bagus dalam menerima dan bisa menangkap apa yang disampaikan, mudah-mudahan bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi, tutur Muhammad Fahmy Rheza selaku Bagian dari We Inspire.

Penutup dari kegiatan tersebut ucapan terimakasih dari program Studi Pendidikan IPS atas Partisipasi dan Kerjasama pada Kegiatan Program Kemitraan Bersama Komunitas We Inspire Kota Banjarmasin dalam rangka Inovasi Pembuatan Media Pembelajaran Game Edukatif Android Berbasis Produk Lokal yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM, dengan berakhirnya kegiatan 2 hari ini semoga ini tidak terputus juga silaturahmi kita, tapi nanti kita akan terus melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa dikerjasamakan, dan sekali lagi kami dari Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM mengucapkan terimakasih. Tutur Rusli selaku bagian dari Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM.

Penulis : M. Aditya Ramadhan

No plagiat