Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM dan Pokdarwis Ceria Gelar Peningkatan Pemahaman Sapta Pesona Masyarakat di Kawasan Wisata Kuliner Banjarmasin

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM mengadakan kegiatan Program Kemitraan Bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ceria dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Sapta Pesona Masyarakat di Kawasan Wisata Kuliner Banjarmasin.

Kegiatan ini di laksanakan pada Sabtu 15/7/2023 di Sekretariat Pokdarwis Ceria yang dihadiri oleh Tim Penelitian Dosen Program Studi Pendidikan IPS, Sekretaris Lurah Banua Anyar serta Kelompok dari Pokdarwis Ceria.

Pembukaan oleh perwakilan lurah yaitu Sekretaris Lurah Banua Anyar yang membuka kegiatannya ini, dimana sekretaris lurah menjelaskan bahwa Pokdarwis Ceria ini banyak sekali kegiatannya yang diurus baik itu kegiatan dari usaha Kuliner di Banua Anyar maupun kegiatan-kegiatan dari pemerintah.

Kami juga mengurusi kegiatan penelitian dari teman-teman Universitas Lambung Mangkurat, karna banyak sekali Program Studi yang ada di Universitas Lambung Mangkurat melakukan penelitian di Banua Anyar salah satunya yaitu dari Program Studi Pendidikan IPS, yang setiap tahun selalu ada penelitian yang dikerjakan, tutur Bapak Sekretaris Lurah Banua Anyar.

Kemudian Koordinator Program Studi Pendidikan IPS yang diwakilkan oleh Bapak Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd. menyampaikan sambutan. Dalam sambutan menyampaikan bahwa Program Studi Pendidikan IPS ini bukan pertama kali melakukan kemitraan tapi dari tahun 2022 sudah melakukan kerja sama ini, semoga kerja sama ini terus dilakukan baik dari Pokdarwis Ceria maupun Program Studi Pendidikan IPS, karna kami dari Program Studi Pendidikan IPS sangat terbuka untuk membantu dalam hal kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Pokdarwis Ceria, tutur Bapak Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

Pada kegiatan diskusi ini Tim Penelitian Dosen Program Studi Pendidikan IPS Bapak Dr. Ismi Rajiani, MM. mengenalkan tujuan kegiatan kemitraan ini serta menyampaikan bagian anggota dari tim penelitian ini yaitu Bapak Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc.

Diskusi dibuka oleh Ibu Dr. Mutiani, M.Pd dimana dijelaskan bahwa kegiatan ini dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Sapta Pesona Masyarakat di Kawasan Wisata Kuliner Banjarmasin, ini merupakan bagian penelitian yang kesekian kalinya, karna Program Studi Pendidikan IPS selalu melakukan kemitraan dengan Kelurahan Banua Anyar bukan hanya tahun ini saja, tapi memang resmi melakukan kegiatan ini pada tahun 2020.

Program Studi Pendidikan IPS juga banyak menurunkan mahasiswa melakukan penelitian disini, alhamdulilah mahasiswa-mahasiswa yang dulu melaksanakan kegiatan penelitiannya telah lulus dan sudah menjadi guru di berbagai sekolah, tutur Ibu Dr. Mutiani, M.Pd. selaku dosen Program Studi Pendidikan IPS

Sekretaris Pokdarwis Ceria dan juga menyambut sangat baik kepada Program Studi Pendidikan IPS atas kedatangannya ini apalagi kegiatan ini merupakan Program Kemitraan Bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Ceria dalam Rangka Peningkatan Pemahaman Sapta Pesona Masyarakat di Kawasan Wisata Kuliner Banjarmasin. Kegiatan yang dilakukan pokdarwis ceria biasanya mencek kunjungan orang-orang yang ikut menikmati kuliner di Banua Anyar, Upaya ini merupakan bentuk untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang ke Kawasan Kuliner Banua Anyar, 92 Ribu biasa yang datang dalam hitungan 1 bulan jumlah pengunjung yang datang menikmati kuliner disini, datanya itu melihat dari jumlah nota-nota yang menikmati kulinernya.

Pengunjung yang datang kesini dulu pernah ada dari Swedia, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi pengunjung manca negara yang mampir kesini, tutur Bapak Iman selaku Sekretaris Pokdarwis Ceria.

Pokdarwis ceria juga sering melakukan kegiatan kegiatan sosial maupun mengikuti kegiatan dari pemerintah, baru-baru ini Pokdarwis Ceria memenangkan kegiatan Lomba Objek Daya Tarik Wisata Anugrah Destinasi Wisata Kota Banjarmasin Tahun 2023.

Ibu Dr. Mutiani, M.Pd menyampaikan kepada bagian Pokdarwis Ceria, kalau melakukan kegiatan-kegiatan yang nantinya bisa di upload atau dibuatkan berita kegiatan tersebut bisa menyampaikan dengan bagian kami, karna kami sangat senang bila dari Pokdarwis Ceria menyampaikan kegiatan yang bisa kami bantu salah satu tujuan dari kegiatan ini ya, itu salah satunya bentuk untuk mempromosikan kegiatan maupun kami diikut sertakan dalam kegiatan karna bisa saja nanti menerjunkan mahasiswa Pendidikan IPS untuk ikut dalam kegiatan Pokdarwis Ceria. Tutur – Ibu Dr. Mutiani, M.Pd. selaku dosen Program Studi Pendidikan IPS.

Sebelum menutup kegiatan dari Pokdarwis Ceria menampilkan kegiatan hadrah dari mereka setelah itu dari Program Studi Pendidikan IPS memberikan 25 Bibit Tanaman untuk Pokdarwis Ceria, Berakhirlah kegiatan dengan Foto Bersama dan ucapan terimakasih dari Program Studi Pendidikan IPS.

Penulis : M. Aditya Ramadhan dan Hairunisa

No plagiat