Peringati Hari Asma Sedunia, Dinkes Kota Banjarmasin Bersama Yayasan Asma Banjarmasin Gelar Senam Asma Bersama

Walikota Banjarmasin (H. Ibnu Sina) bersama Ketua TP PKK Kota Banjarmasin (Dr. dr. Hj. Siti Wasilah, M.Si. Med.) dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin (Dr. M. Ramadhan, S.E., M.E., Ak.CA.) lakukan senam asma bersama di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Jum’at (12 Mei 2023).

 

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Kota Banjarmasin Peringati Hari asma sedunia dengan Senam Asma Bersama di Halaman Balai Kota Banjarmasin, Momentum ini diselenggarakan hari Jum’at, 12 Mei 2023. Asma menjadi penyakit yang diidap jutaan orang di seluruh dunia. Oleh karenanya, hari asma sedunia diselenggarakan untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit ini.

Pada tahun ini, dengan tema ‘Asthma care for All’ atau perawatan asma untuk semua. Tema ini dipilih untuk mendorong pengembangan dan implementasi program manajemen asma yang efektif di semua negara.

Pemerintah Kota Banjarmasin bekerjasama dengan Yayasan Asma Cabang Banjarmasin dan Persatuan Dokter Paru Indonesia menggelar senam bersama dan mendorong agar senam bersama dilakukan pada setiap pekannya.

“Ibnu Sina menjelaskan pertama peringatan ini ingin merayakan world asthma day agar lebih banyak lagi diketahui oleh masyarakat, “artinya semua orang harus bisa mendapatkan perawatan karena terkait penyakit yang berada di jalur pernapasan yang sebenarnya bisa dikendalikan dan bisa dikontrol”

“Yang kedua sebagai sosialisasi kegiatan preventif yaitu dengan senam asma, senam asma ini kita memperkenalkan gerakan-gerakannya karena memang lebih kepada aspek pernapasan sebagai peningkatan derajat kesehatan jangan sampai terjadi kejadian asma berulang, perlu adanya upaya pencegahan dalam bentuk sosialisasi kepada masyarakat melalui dinas kesehatan dan puskesmas-puskemas, termasuk juga di 24 kampung bermain yang ada di 5 kecamatan Di Kota Banjarmasin. Juga bekerja sama dengan KORMI Kota Banjarmasin untuk mensosialisasikan agar masyarakat mengetahui senam asma bersama ini” tambah H. Ibnu Sina yang juga selaku Ketua Yayasan Asma Indonesia Cabang Kalsel.

Persatuan Dokter Paru Indonesia memperkirakan ada sekitar 200 juta kasus penyakit asma Di Indonesia. PDPI juga menghimbau agar segera mengobati penyakit asma ke Fasyankes terdekat jika mengalami gejala-gejala seperti susah bernafas dan lainnya, karena pengobatan asma gratis dan sudah tersedia di seluruh puskesmas dan rumah sakit Di Kota Banjarmasin. (Nd)

Penulis dan Editor : Haidi Rahman

 

 

No plagiat