Mengenal Sosok Kompol Indra Agung Perdana Putra, Polisi Berprestasi dan Dikenal Dekat Dengan Wartawan dan Masyarakat 

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Pada dasarnya seorang polisi adalah pelayan masyarakat untuk menegakkan ketertiban dan keamanan umum di mana pun ia berada.

Tugas seperti ini yang di lakoni salah seorang Kapolsek Banjarmasin Barat Kompol Indra Agung Perdana Putra S.I.K., M.H selalu dekat dengan awak media dan masyarakat dalam melaksanakan tugas baik dari segi pelayanan maupun mengedukasi masyarakat yang berada di wilayah hukumnya.

Hanya para penjahat atau orang yang berniat jahat yang semestinya takut dan was-was terhadap kehadiran polisi, sehingga pradigma untuk menunaikan tugas prinsipnya melayani, mengayomi dan menjaga kamtibmas di wilayah kerjanya.

Apalagi kalau sedang mengenakan seragam polisi maka kewajiban resminya itu menjadi kongkret di tengah masyarakat.

Masyarakat berhak menuntut ketertiban dan ketenteraman padanya. Ketika berada di tengah masyarakat, polisi tetaplah polisi tanpa memandang kedudukan dan pangkatnya dan selalu menjalin silahturahmi dengan elemen masyarakat tanpa ada perbedaan.

Bagi Kompol Indra, seorang pimpinan wilayah tak berbeda dengan seorang petugas polisi di lapangan, hanya kewajiban dan tanggung jawabnya yang lebih besar.

Maka dari itu, Kompol Indra tak pernah merasa malu saat turun tangan dalam melaksanakan tugas di lapangan bersama personel yang berada di Kecamatan Banjarmasin Barat.

Beliau merupakan sosok Polisi bersahaja yang dikenal akrab dengan semua kalangan, jauh dari sifat sombong apalagi sangar, dia bertugas sekarang di Polsek Banjarmasin Barat.

Selama dinas di Kalimantan Selatan, jabatan yang pernah di emban saat berpangkat AKP,  Kompol Indra pernah menjabat Kasubbag Koor Prog Monev Bag Kerma Roops Polda Kalsel hingga Kasatlantas Polres Banjar bahkan pernah menjadi Komandan Upacara Pengibaran bendera peringatan HUT ke-76 RI di Balaikota Banjarmasin dan terakhir menjabat sebagai Kapolsek Banjarmasin Barat yang akan berakhir 2023 mendatang.

Kompol Indra Agung Perdana Putra S.I.K., M.H ini di kenal sebagai sosok polisi yang dekat dengan Jurnalis dan masyarakat, apa saja persoalan yang terjadi maupun informasi yang di terima selalu cepat merespon dan bergerak mendatangi lokasi.

Sebagai seorang polisi yang memiliki jabatan sebagai Kapolsek Banjarmasin Barat, dirinya hanya berkomitmen untuk melaksanakan hal-hal yang mendasar sesuai falsafah hidup sebagai anggota Polri yang tertuang dalam Tri Brata dan Catur Prasetya, Polri sebagai sosok pelindung, pengayom, pelayan masyarakat, penegak hukum dan sebagai pemelihara kamtibmas.

Untuk pendekatan terhadap masyarakat, banyak cara yang di lakukan terutama menjalankan tugas sebagai seorang polisi dengan menerapkan ke Profesionalan dalam bidang tugasnya, sehingga masyarakat selalu mencintai Polri.

Dalam mengemban tugas sebagai seorang polisi dia menyadari bahwa Kompol Indra hanya sebagai pelayan dan pengayom masyarakat serta wajib untuk melayani dan mampu berinteraksi dengan semua kalangan dengan cara membuka komunikasi.

Memasuki bulan dan tahun berjalan memimpin Polsek Banjarmasin Barat, Kompol Indra di minta kalangan Jurnalis dan masyarakat untuk menambah masa dinas satu tahun lagi, beginilah bentuk respon dan kedekatan Jurnalis dan masyarakat untuk menginginkan Kompol Indra kembali pimpin polsek Banjarmasin Barat.

Meski demikian, dirinya merespon dengan senyuman dan ada waktunya untuk berkiprah kembali di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan, tentunya ketika masa dinas sudah habis, berkemungkinan memikirkan langkah selanjutnya sesuai dukungan masyarakat.

Selama bertugas di wilayah hukum polsek Banjarmasin Barat, Kompol Indra banyak memberikan respon positif dalam menjalankan kegiatan di tengah masyarakat, baik soal pramuka, membantu masyarakat yang terkena musibah, berikan bantuan kepada warga kurang mampu termasuk kegiatan sosial lainnya.

Kompol Indra pernah mendapat 3 rekor Nasional sekaligus, diantaranya Peraih Rekor Muri Lomba 3 Bahasa, Rekor Lyprid penggagas Ide Kreatif serta Piala Polisi Inovatif Indonesia tahun 2019 di Jakarta.

Alumni Magister Hukum Universitas l Lambung Mangkurat tahun 2019 ini juga kerap menorehkan prestasi ungkap kasus kriminal yang kesemuanya diungkap kurang dari 24 jam.

Kasus tersebut di antaranya adalah pembunuhan dengan senjata tajam, pembobolan Alfamart kerugian 80 juta, kasus pengancaman dengan senjata, Pencurian mobil di Masjid Hasanuddin Madjedi, dan ungkap pelaku curanmor yang meresahkan warga.

Mantan Kapolsek Banjarmasin Utara berpangkat Kompol ini juga telah melaksanakan tugas kemanusiaan di masa Pandemi bekerjasama dengan ULM dalam melaksanakan vaksinasi 7.000 mahasiswa, vaksinasi door to door lansia, aktif dalam organisasi Sosial Bersama Moesthree, tergabung dalam Club Motor IMBI, BRB, Motor Classic dan masih banyak lagi

Program Inovasi yang digagas antara lain “Sedekah Kreatif” membantu Warga Miskin di masa Pandemi, Program “Assalam Utara” Aspirasi dan Silaturahmi Laporan Masyarakat Banjarmasin Utara” yang mengusung kedekatan silaturahmi dengan warganya.

Gerakan perubahan seperti ini yang terus di lakukan Kompol Indra dalam melayani dan bersilahturahmi dengan masyarakat, sehingga kedekatan dengan masyarakat tidak di ragukan lagi hingga saat ini dan terkahir di percaya sebagai tuan rumah Gelar Bakti Sosial pembagian paket sembako, pasar murah dan UMKM dalam Rangkaian HUT Republik Indonesia yang ke-78 dan Bhayangkari Peduli dalam Rangka HKGB Ke-71 Tahun 2023 serta dapat menanggulangi dan mengendalikan inflasi daerah Provinsi Kalimantan Selatan khususnya di Kota Banjarmasin dan Polri PreSiSi makin melekat dihati masyarakat kota Banjarmasin.

Pemilik akun Instagram indraapp86 ini memiliki seorang putri cantik bernama Annisha Azzahra Nur Aurum dari istri yang bernama Yuani Pratista.

Penulis : Nando

 

 

 

 

 

 

No plagiat