Kapolres HSS Sambut Hangat Kunjungan Tim Puslitbang Mabes Polri Dalam Rangka Evaluasi Kualitas Aplikasi Digital Polri 

jelajahkalimantannews.com, Kandangan – Pusat Penelitian dan Pengembangan Mabes Polri melakukan evaluasi terhadap kualitas aplikasi digital Polri di Polres Hulu Sungai Selatan, Polda Kalsel. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka penguatan pelayanan publik Polri, Selasa (27/2/2024)

Kedatangan tim penelitian dari Puslitbang Mabes Polri disambut hangat oleh Kapolres HSS AKBP Leo Martin Pasaribu, S.I.K., M.H., M.Tr.Opsla beserta para Pejabat Utama Polres HSS. Tim penelitian yang dipimpin oleh Kombes Pol. Harvin Raslin, S.H. dan anggotanya, Kompol Septi Astuti, S.T., M.A, serta Penda Dessy Ariyani, didampingi oleh Konsultan dari UI, Dr. Eko Sakapurnama, M.B.A., CHRM.

Kapolres HSS menyatakan bahwa modernisasi sarana dan prasarana pelayanan publik yang mudah diakses oleh masyarakat merupakan salah satu kebijakan utama Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Seiring dengan hal tersebut, berbagai aplikasi berbasis teknologi informasi telah dikembangkan untuk mempermudah dan mempercepat layanan Polri kepada masyarakat di era Police 4.0.

Beberapa aplikasi yang telah diluncurkan oleh Korlantas Polri antara lain adalah aplikasi SINAR (SIM Nasional Presisi), aplikasi SIGNAL (pembayaran pajak kendaraan bermotor pada Samsat Digital Nasional), aplikasi ETLE (layanan Electronic Traffic Law Enforcement) yang memberikan informasi tilang secara real-time, dan aplikasi IRSMC (Road Safety Management) yang mengelola data kecelakaan lalu lintas.

Tujuan dari evaluasi ini adalah untuk mengetahui kehandalan aplikasi digital Korlantas Polri serta kendala dalam mengoperasionalkannya. Selain itu, evaluasi ini juga bertujuan untuk menganalisis apakah aplikasi digital Korlantas Polri sudah memenuhi standar aplikasi yang diamanatkan mptik (master plan teknologi informasi dan komunikasi) polri dan apakah aplikasi digital Korlantas Polri sudah efektif serta efisien dalam memberikan kecepatan, kemudahan, dan transparansi pelayanan kepada masyarakat.

Dengan pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif, tim puslitbang Mabes Polri melakukan evaluasi ini untuk memastikan bahwa aplikasi digital Korlantas Polri memberikan manfaat bagi masyarakat dengan layanan yang efektif, cepat, tepat, mudah diakses, dan transparan. (Nd)

No plagiat