Cicipi Gurihnya Ikan Asin Khas Tabanio Tanah Laut 

jelajahkalimantannews.com, Tabanio – Ikan asin sudah jadi makanan sehari-hari orang Indonesia. Rasa asin dan gurih yang nikmat membuat ikan yang diawetkan ini cocok di lidah banyak orang.

Selain tahan lama, ikan asin juga bisa diolah dengan cepat dan mudah sehingga banyak dijadikan makanan harian keluarga.

Pantai Tabanio terletak di Desa Tabanio Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut (Tala) Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu wisata alam dan wisata bahari di Kalsel karena Desa Tabanio merupakan salah satu kampung nelayan di Kalsel.

Wisata Pantai Tabanio dikelola oleh masyarakat setempat. Menyajikan pemandangan indah dan alami sekaligus melihat langsung perkampungan nelayan setempat. Banyak perahu nelayan berjejer di bibir pantai.

Bagi sebagian nelayan di daerah ini, menjual ikan segar dari hasil tangkapannya, ternyata bukanlah mata pencaharian paling utama. Sebagian nelayan di daerah ini, mencoba mencari nilai tambah dengan mengolah hasil tangkapannya menjadi ikan asin. Beraneka jenis ikan yang diasinkan mulai dari jenis ikan teter, ikan talang, ikan teri bunga, ikan kakap, ikan teri belang tawar dan berbagai jenis ikan lainnya.

Hasil tangkapan ikan nelayan juga mata usaha masyarakat turun menurun.Bicara Kabupaten Tanah Laut rasanya tidak menarik bila tidak membahas Ikan Asin Khas Tabanio.

Disambangi Wartawan jelajahkalimantannews.com di rumahnya, Zuki bersama istrinya Hj. Irau yang mana sebagai pemilik kapal sepeninggal suaminya dan anak-anaknya Sasi dan Hj Wina.

Menurut Zuki dan Hj Irau, hasil tangkapan nelayan ikan tersebut dijemur terus ditimbang dibungkus karung dibawa ke banjarmasin ditempat penampungan juga sebagian dijual di banjarbaru tepatnya di perumahan Cordoba sekumpul raya gunung rongeng oleh anaknya sebagai agen terbesar di  banjarbaru melayani jual beli dan pengiriman ke pulau jawa melalui jasa ekspedisi jnt dan jne, ungkap Zuki.

Sedangkan Sasi dan Hj Wina anak anak dari Zuki dan Hj Irau, Ikan-ikan tersebut dikemas dalam bentuk bungkusan yang dijadikan oleh-oleh bagi para pengunjung yang datang ke kota ini. Kalau anda mengunjungi Desa Tabanio Kabupaten Tanah Laut, jangan sampai lupa untuk  membeli oleh-oleh ikan asin khas Tabanio tersebut yang dapat membuat nafsu makan anda semakin bertambah.

Masyarakat di daerah ini khususnya Kalimantan Selatan, Mayoritas merupakan pedagang ikan asin dan dalam kemasan. Bahkan produk ikan asin khas Tabanio telah merambah ke seluruh kota di Indonesia.

“Bukan saja warga Tabanio yang doyan terhadap ikan asin ini, tapi dari luar daerah, seperti Medan, Pekan Baru dan juga daerah ibu kota Jakarta ikut serta membeli ikan asin kemasan ini untuk dijadikan oleh-oleh untuk di bawa ke kampung halamannya,” ungkap Zuki.

Jadi, bagi anda yang sudah merasakan nikmatnya ikan asin asal Tabanio, akan ketagihan untuk datang kembali dan membelinya lagi.

Harga yang ditawarkan setiap kemasannya memang berbeda dilihat dari jenis ikannya, tapi dapat dipastikan anda tidak sampai merogoh kocek cukup dalam, karena harganya mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu saja. Ikan asin khas Tabanio memang memiliki cita rasa yang berbeda dibanding ikan asin lainnya. Bagi Anda yang penasaran langsung saja berburu langsung ke Desa Tabanio. (Nd)

No plagiat