Cegah Kecurangan Pemilu, FORKOM Relawan Anies Kukuhkan Tim 100 BAKORSI Tingkat Provinsi Kalsel 

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Simpul-simpul relawan Anies Baswedan yang tergabung dalam Forkom, Sabtu (22/7/2023), mengukuhkan Tim 100 Bakorsi (Badan Koordinasi Saksi) Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim ini memiliki tugas utama mengawal jalannya proses pemungutan suara pada Pilpres 2024 untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan pada perhelatan akbar tersebut

Pengukuhan yang diselenggarakan di STIKES ISFI Jalan Flamboyan III C, Banjarmasin, ini dihadiri Iwan Syamariansyah Koordinator Pokja Bakorsi Nasional Kalimantan, Apriansyah Koordinator Bakorsi Nasional, politisi Partai Demokrat dan politisi Nasdem

Pengukuhan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pemutaran video tentang Bakorsi itu, dilakukan dengan mengenakan rompi kepada perwakilan 100 Tim Provinsi Kalsel Bakorsi. Mereka juga membacakan pakta integritas.

Sementara Bambang Yanto Permono (BYP) Politisi Fraksi Demokrat Banjarmasin mengapresiasi pengukuhan Tim 100 Provinsi Kalsel Bakorsi, dan mengatakan bahwa Partai Demokrat sangat siap untuk bersama-sama, berpartisipasi dalam memenangkan Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

“Sekali lagi, kami Partai Demokrat di seluruh Indonesia, khususnya di Kalsel, sungguh siap untuk ikut dalam kebersamaan, iring-iringan koalisi kita bersama,” katanya.

Senada Iwan Syamariansyah Koordinator Pokja Bakorsi Nasional Kalimantan mengakui kalau pembentukan Bakorsi ini sangat strategis, karena perjuangan partai pendukung Anies yang tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) dan para relawan dari sejak awal hingga saat ini, akan menjadi sia-sia jika pada proses akhirnya, yakni proses pencoblosan dan penghitungan suara, tidak dikawal.

“Jadi, pembentukan Bakorsi ini sangat penting untuk pemenangan Pak Anies,” katanya.

Tak berbeda dengan dari Partai Nasdem juga mengapresiasi pembentukan Tim 100 Bakorsi Kalsel, karena penting untuk mengawal jalannya Pemilu untuk mencegah terjadinya kecurangan

Bahkan mengatakan, ia yakin kalau semua yang dikukuhkan maupun yang hadir dalam pengukuhan, adalah warna negara Indonesia yang baik.

“Untuk menjadi warga negara yang baik, salah satunya untuk terlibat pada proses terwujudnya tujuan kemerdekaan,” katanya.

Sementara Sekretaris Tim 100 Bakorsi Kalsel, Ruslailawati mengatakan bahwa tim 100 BAKORSI dibuat secara berjenjang dari nasional, provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat desa dengan tujuan mengajak para relawan mau menjadi saksi TPS untuk menjaga suara Anies Baswedan dalam Pemilu 2024 nanti. Tim 100 BAKORSI diharapkan akan membantu Capres Anies Baswedan untuk mengawal suara di setiap TPS serta mengawasi proses tahapan Pilpres demi tercapainya Pilpres yang jujur dan adil.

Iwan Syamariansyah menambahkan, Tim 100 Bakorsi Kalsel dibentuk untuk mengawasi proses Pemilu, baik Pileg maupun Pilpres, agar berlangsung Jurdil (jujur dan adil) dengan menempatkan saksi di TPS-TPS, demi memenangkan kedua kontestasi tersebut.

“Penempatan saksi di TPS sangat sangat vital,” katanya.

Iwan Syamariansyah ketika ditanya kenapa bisa dibentuk Tim 100, kenapa tidak Tim 200 atau lainnya, Beliau menjelaskan senang bicara simpel, 100 angka Psikologis mudah diingat dan mudah dicerna publik katanya singkat.

Ketua Panitia Rifky Alhabsyie (Sobat Anies Putih) mengatakan usai pengukuhan Tim 100 BAKORSI Tingkat Provinsi akan dilanjutkan dengan pengukuhan tingkat Kabupaten Kota serta penanaman pohon di Hulu Sungai Tengah (HST).

Di tempat yang sama, Hj Nana Maryam Agustina mengatakan keterlibatan kaum millenial ingin bergabung, anak muda saat ini muncul untuk mengawal pemilu. Generasi milenial berperan untuk mempengaruhi kebijakan dan hasil pemerintah melalui partisipasinya dalam pemilu sebagai bentuk implementasi di negara Indonesia dalam sistem demokrasi.

Jadi, seorang milenial yang cerdas harus bisa menentukan pilihannya secara rasional. Harus aktif dalam berbagai proses politik mulai aktif partisipasi dalam pemilu, partisipasi politik yang berkualitas diimbangi dengan pandangan politik yang terbuka sehingga tidak mudah terjebak pada konflik yang memecah belah

Diketahui kepengurusan Tim 100 Bakorsi Kalsel resmi dilantik. Koordinator Tim 100 Bakorsi Kalsel adalah Hj Nana Maryam Agustina (Jarnas Anies Baswedan), Wakil Rifky Alhabsyie (Sobat Anies Putih), Wakil Ahmad Rizali (Gebrak Banua), dan Sekretaris Ruslailawati (RAPI ACTION).

(Penulis Nando)

 

 

 

 

 

 

No plagiat