Antusias Warga Saksikan Lomba Jukung Tradisional Piala Paman Birin 

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin di wakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Hj.Husnul Hatimah membuka secara resmi Lomba Jukung Tradisional Piala Paman Birin Cup Tahun 2024 yang digelar di sungai Martapura Kelurahan Basirih Banjarmasin pada Minggu (4/2/2024) pagi.

Animo warga yang menyaksikan langsung lomba jukung tradisional ini sangatlah tinggi. Terbukti, sejak pagi sebelum acara dimulai, warga dari anak-anak, dewasa hingga orangtua berbaur menjadi satu untuk melihat dari dekat gelaran lomba.

Haji Heru Sugiaorto selaku Ketua Panitia mengatakan, Lomba yang diinisiasi oleh Paman Birin ini diikuti oleh lebih dari beberapa tim dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan, dengan total hadiah mencapai 55 juta rupiah.

Kegiatan ini diadakan rutin setiap tahun dalam rangka mempromosikan wisata sungai serta mencari bibit-bibit atlet dayung, ucapnya.

Dalam formatnya yang khas, lomba jukung tradisional ini menggunakan jukung formasi B6, di mana satu jukung ditempati oleh 6 orang dengan jarak perlombaan mencapai 400 meter, dengan menerapkan sistem gugur untuk menentukan pemenang.

Haji Heru Sugiarto menyampaikan pentingnya memelihara budaya lokal.

Pada tahun-tahun mendatang, kata Heru, lomba jukung tradisional diharapkan bisa menjadi agenda sport tourism tahunan tingkat nasional, bahkan internasional. ”Kami akan terus mengoptimalkan potensi sungai di Kota Banjarmasin,” katanya.

Selain itu, Heru Sugiarto berharap pentingnya menjaga nilai-nilai tradisional sambil mendorong pertumbuhan prestasi atletik lokal.

Saya berharap lomba ini dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya lokal dan meningkatkan prestasi olahraga dayung di Kalimantan Selatan,” harapnya.

Masyarakat yang menyaksikan pun sangat antusias. Tak hanya dari warga sekitar, namun juga datang dari berbagai wilayah di luar Kota Banjarmasin, seperti Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Marabahan atau Se Kalsel. (Nd)

No plagiat