Tiga Hal Penting dalam Penulisan Berita Bersama Toto Fachrudin, Deputy Rector of Radar Banjar   

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Pada 27/02/2024, Toto Fachrudin, Deputy Rector of Radar Banjar, memberikan pelatihan menulis berita kepada mahasiswa program studi pendidikan IPS.

Topik yang dibahas mencakup konsep awal yang harus dipahami ketika menulis berita, seperti menyusun kerangka tulisan, melakukan observasi, dan menentukan topik serta tujuan.

Pada hari kedua, 28/02/2024, Toto Fachrudin mengajarkan ketentuan yang harus diperhatikan dalam menulis berita yang benar dan ilmiah.

Salah satu poin penting adalah dalam membuat lead, maksimal kata yang digunakan adalah 100 kata, terdiri dari dua paragraf, di mana paragraf pertama berisi tentang latar belakang dan yang kedua tentang fokus permasalahan. Selain itu, dalam isi berita, maksimal kata yang digunakan adalah 400 kata yang terdiri dari 5 paragraf yang berisikan tentang masalah yang ditulis.

Poin terakhir yang diajarkan adalah dalam setiap berita harus ada kesimpulan dan saran, terdiri dari 2 paragraf dengan maksimal kata yang digunakan adalah 100 kata.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi peserta dalam meningkatkan keterampilan menulis dan kemampuan akademik mereka.

Penulis: Siti Aminah, Bambang Hariyanto, dan Arief Faturrahman.

Editor. : Nando

No plagiat