Para Guru dan Siswa SMAN 1 Tanjung, Tabalong, Belajar Perkoperasian Dengan Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin  – Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah yang berkantor pusat di Banjarmasin, Rabu (24/5/2023) siang mendapat kunjungan dari 22 orang Guru dan Siswa SMAN 1 Tanjung, Kabupaten Tabalong dan didampingi Kepala Bidang Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tabalong, Mila. Kegiatan ini dalam rangka Ekstrakurikuler sekolah itu untuk tahun pelajaran 2022/2023. Kegiatan dimulai pukul 10.00 sampai 13.00 wita tersebut, sangat antusias diikuti oleh mereka.

“Antusias ingin menerapkan koperasi dengan pola syariah dan ingin mengetahui bagaimana bisnis itu bisa dijalankan, termasuk kunci suksesnya. Karena Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah sejak 2012 mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun dengan jumlah anggota sampai akhir 2022 berjumlah lebuh dari 2 ribu 400 orang dan transaksinya sudah mencapai 7,8 miliar rupiah, dengan Sisa Hasil Usaha yang diberikan kepada anggota di 2022 sebesar 790 juta rupiah dengan pembayaran pajak hampir 90 juta rupiah,” jelas Sutjipto, selaku Ketua Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah, Rabu (24/5/2023) sore.

Saat menerima kunjungan tersebut, Sutjipto menjelaskan, dalam pengelolaan koperasi, harus dikelola secara bisnis dan bukan sosial lagi, yang dilakukan oleh orang-orang yang paham usaha dan siap untuk untung dan rugi, yang memiliki mental sangat bagus. Namun orientasinya tetap profit. Agar koperasi tidak rugi.

Selain itu berkaitan dengan penilaian, disebutkan, koperasi selain menjaga uangnya anggota, menjanjikan ke anggota mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU), juga ada yang dinilai dari Dinas Koperasi dan UKM, berupa kesehatan koperasi.

“Kalau koperasinya itu sehat, akan diserahkan lagi ke Lembaga Independen LP2UKM (Lembaga Pemberdayaan Perkoperasian dan Usaha Kecil Menengah) yang direkomendasikan Dinas Koperasi setempat yang dibiayai Dinas Koperasi setempat. Karena secara independen, Dinas Koperasi tidak bisa intervensi  dan Koperasi yang dinilai juga tidak bisa negosiasi. Alhamdulillah, 2021 sampai 2023 Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah mendapatkan penilaian tripel A dengan kualifikasi sangat berkualitas. Nilai yang ditentukan 1.200 dan kami mendapatkan nilai 1.246,75,” jelas Sutjipto., yang juga berharap di 2024 nanti sampai 2026 prestasi itu masih didapatkan.

Pada 2022 Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah mendapatkan Penghargaan Shiddhakarya dari Gubernur Kalsel melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Selatan.

“Saya kaget juga. Ternyata dengan jumlah karyawan yang Cuma 14 orang, kita mendapatkan penghargaan itu. Ini bukan untuk pamer, tapi yang ada, kami berikan motivasi. Artinya, mengelola koperasi memang harus professional. Untung rugi dipikirkan. Kesejahteraan Anggota. Pengurus dan Pengawas,. SHUnya dan asset koperasi juga harus dipikirkan,” tegas Sutjipto.

Disampaikan Sutjipto, dalam waktu 12 tahun yang ada memberikan banyak inspirasi kepada koperasi yang ada. Sehingga Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel dalam memberikan rekomendasi koperasi mana saja yang harus dikunjungi untuk studi tiru dan kegiatan lainnya, maka Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah ditunjuk. Kamis (25/5/2023), kata Sutjipto, Jajaran Pt Jamkrida Kalsel juga mengagendakan untuk mengunjungi Koperasi Konsumen Syariah Ar Rahmah. (juns)

No plagiat