Guna Tingkatkan Literasi, Kadispersip Kalsel Teken Nota Kesapahaman Bersama TVRI   

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Dra Hj Nurliani Dardie MAP dan

Hari Setiya, SAB., MAB. Kepala TVRI Stasiun Penyiaran Kalimantan Selatan lakukan Penandatanganan Nota kesepahaman dan disaksikan oleh jajaran Dispersip Kalsel dan TVRI, Jumat (22/9/2023)

Maksud diadakan nota kesepahaman ini adalah sebagai landasan kerjasama untuk meningkatkan hubungan kelembagaan dalam melaksanakan kegiatan pelayanan, pengembangan, dan pembinaan perpustakaan. Kerjasama ini untuk mendukung pelaksanaan publikasi dan sosialisasi program-program dan perkembangan perpustakaan.

Maksud pelaksanaan Pinjam pakai hasil penggunaan materi audio visual kategori film anak, dokumentasi dan features produksi TVRI Stasiun Kalimantan Selatan untuk keperluan penayangan kepentingan publik servis di gedung layanan teater Dispersip Kalsel, Jumat (22/9/2023).

Pertemuan diawali dengan pengenalan Perpustakaan ke jajaran TVRI.

Menurut Hari Setiya setidaknya terdapat lebih dari 17 arsip video visual yang ada di TVRI dimana pihak TVRI berniat untuk mempelajari cara pengelolaan sesuai dengan SOP yang berlaku. Selain itu pihak TVRI ingin membantu Perpustakaan dalam men-supply arsip (karya) audio visual. Sehingga, dapat terjadi kerja sama dalam membangun kesadaran arsip ke masyarakat.

Menanggapi hal tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie MAP mengapresiasi dukungan dari pihak TVRI. Beliau mengatakan “Perpustakan dan Kearsipan belum mengadakan kerja sama dalam penghimpunan karya audio visual. Padahal ada cukup banyak Badan/ Lembaga yang berkaitan dan (sebenarnya dapat) saling mendukung. Sehingga, kedepan harapannya dapat bersama-sama melakukan sharing untuk lebih memperjelas peran masing-masing”. Selain itu beliau juga mengungkapan jika memang belum memungkinkan untuk melakukan penyerahan karya audio visual, kedepannya kedua pihak dapat melakukan jejaring, seperti sharing metadata, rujuk lokasi, maupun keseragaman aplikasi. (Nd)

No plagiat