El Nino Terjadi Bulan Depan, BPBD Gumas Minta Warga Hemat Penggunaan Air 

jelajahkalimantannews.com, Gumas – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Provinsi Kalimantan Tengah mengingatkan masyarakat Gumas agar bersiap untuk mengantisipasi fenomena El Nino. Fenomena tersebut diperkirakan bakal terjadi pada Agustus hingga September 2023 mendatang.

Wiem Afary S.Hut, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah mengatakan, sebagai upaya antisipasi, masyarakat diminta untuk lebih bijak dalam menggunakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari. Pasalnya, berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), fenomena El Nino akan terjadi dengan intensitas lemah hingga moderat serta berdampak pada ketersediaan air serta produktivitas pangan.

“Saya mengajak warga Gumas untuk menghemat penggunaan air yang sesuai kebutuhan,” kata Wiem Afary S.Hut dalam keterangannya, Senin (31/7/2023) di sela kesibukan mengikuti pelatihan kepemimpinan administrator (PKA) tahun 2023 di Palangkaraya,dari tanggal 10 Juli s.d 8 November 2023.

Selain itu pembakaran sampah yang ditinggal atau puntung rokok di pinggir jalan, dan rata-rata keseluruhan kejadian-kejadian kebakaran di Kalteng terjadi didekat pemukiman ini yang agak membahayakan,” jelasnya.

Wiem Afary S.Hut., berharap hal-hal yang bersifat keteledoran itu benar-benar dikurangi karena penyebaran api sangat cepat di musim ini. (Nd)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No plagiat