Diabetes Melitus Peringkat 5 di Kota Banjarmasin, Dinkes Tingkatkan Kapasitas Petugas SKIRINING Kesehatan di Kota Banjarmasin 

Jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin– Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Dr. M. Ramadhan, S.E., M.E., Ak.CA., membuka acara bersama Ketua Tim Pokja Kesehatan Jiwa, drg. Irmah Setiawati, M.Si, Senin (08 Mei 2023).

Sebanyak 150 Kader dari 67 Posbindu atau Pos Pembinaan Terpadu mendapat peningkatan kapasitas tentang penyakit Diabetes Melitus Di Kota Banjarmasin.

M. Ramadhan berharap setelah selama 2 tahun ini kurang aktif Posbindu dikarenakan Pandemi Covid dan bergairah kembali selama lebih kurang lebih 1 tahun terakhir ini

“semakin aktif posbindu, semakin aktif posyandu maka semakin banyak deteksi dini penyakit yang ditemukan (screaning awal), Semakin banyak penyakit yang ditemukan maka skrining itu semakin bagus, karena deteksi dini mitigasi terhadap semua penyakit kita bisa mitigasi resiko duluan,”ungkapnya.

Kegiatan sosialisasi juga dihadiri oleh Ketua Tim Pokja Kesehatan Jiwa drg. Irmah Setiawati, M.Si dan juga narasumber dr. Dina Aulia Insani, Sp.GK, AIFO-K.

Menurut dr. Dina “pencegahan itu terutama gaya hidup, dengan minuman dan makanan kekinian yang hanya tinggi gula dan tinggi tepung akhirnya meningkatkan faktor resiko terjadinya Diabetes, yang paling penting adalah perubahan gaya hidup mulai dari diet dan latihan fisik yang rutin dan tepat,”ujarnya.

“Dietnya dimulai dulu, perhatikan yang rendah kalori tapi tinggi zat gizi, lebih baik menghindari sebelum kena penyakit, kalau sudah kena penyakit akhirnya akan menjadi lebih banyak pantangan, latihan fisiknya dimulai aja dulu sesuai hobi, yang penting gak banyak mager” tutupnya. (Nd)

No plagiat