MES Kalsel Road Show Literasi Ekonomi Dan Keuangan Syariah

jelajahkalimantannews.com, Banjarmasin – Setelah sukses dengan kegiatan Talkshow di Sun FM Rabu, 5 April 2022 dan Edukasi Keuangan Syariah (Khusus Mahasiswa STIE Indonesia Banjarmasin) Kamis, 6 April 2022, Jajaran Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kalsel akan menggelar Talkshow di Duta TV pada Selasa, 11 April 2022, pukul 14.00 wita sampai Selesai, dengan Tema Atur Keuangan Syariah, Hidup Penuh Berkah, dengan Narasumber H. Mairijani, M.Ag (Ketua Umum MES Kalsel) dan – Darmansyah (Kepala OJK KR9 Kalimantan).

Kemudian menyusul kegiatan Diskusi Syariah (DiShare) pada Rabu, 12 April 2022

• 16.00 wita sampai selesai diDakota Cafe, dengan tema Pengelolaan Keuangan Menyambut Hari Raya, dan dengan

Narasumber Sutjipto (Ketua V MES Kalsel) dan Darmansyah (Kepala OJK KR 9 Kalimantan).

Setelah itu, agenda berupa Edukasi Keuangan Syariah, digelar Jum’at, 14 April 2022, pukul 08.00 wita sampai selesai, dengan tema Bijaksana dalam Berhutang : Kenali Manfaat & Risiko Pinjol dalam Konsepsi Keuangan Syariah, dengan Narasumber Muhammad Hudaya, Ph.D (Ketua Dewan Pakar MES Kalsel), Darmansyah (Kepala OJK KR 9 Kalimantan), dan Sunarjati (Vice President PT. Pegadaian Syariah Area Banjarmasin).

Dalam kata sambutannya, Ketua Umum MES Kalsel Ustadz H Mairijani MAg mengatakan, walaupun persiapan yang begitu mepet, kegiatan kerjasama kita bersama OJK Regional 9 Kalimantan di bulan Ramadhan ini sudah berjalan, dimulai dari kemarin, Rabu 5 April 2023, bertempat di Stasiun Radio Sun Fm dengan pembicara dari OJK Ahimsa, Direktur Pengawasan OJK, dan Dr Jumirin Asyikin, SE, MSI, Ak, CA yang merupakan Ketua Departemen MES Kalsel sekaligus juga Dosen di STIE Indonesia Banjarmasin.

“Kami ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak STIE Indonesia Banjarmasin, yang berkenan menjadi Tuan Rumah pada rangkaian kedua sore hari ini, berupa Edukasi Keuangan Syariah untuk para Mahasiswa STIE Indonesia Banjarmasin, dengan tema Pengenalan Kelembagaan, Produk dan Layanan Jasa Keuangan Syariah, dengan Nara sumber dari OJK Andika Prasetia Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen. Nara sumber yang kedua Rizky Fadhillah, Sekum MES Kalsel sekaligus Dosen Muda Poliban,” kata Mairijani.

Disebutkan, dalam seminggu kedepan, juga akan diramaikan dengan kegiatan-kegiatan lainnya berupa Talkshow di Duta TV, Dishare (Diskusi Syariah) di café bersama anak-anak muda Pengusaha/UMKM sambil buka puasa bersama menjelang magrib, berbincang-bincang tentang bagaimana mengelola keuangan usaha menyambut hari raya.

“Jadi insya Allah dengan rangkaian kegiatan Gebyar Ramadhan dan Gebyar Ramadhan Nusantara tahun 1444 H ini, harapan ekonomi dan keuangan syariah semakin bergema di bulan Ramadhan ini, khususnya di Bumi Lambung Mangkurat ini,” Mairijani menambahkan.

Dikatakan, Pangsa pasar keuangan syariah per Juni 2022 tercatat sebesar 10,41%, terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai 10%. Tetapi meski begitu, gap antara keuangan syariah dengan keuangan konvensional masih sangat jauh.

Beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab rendahnya minat masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan syariah, salah satunya karena tingkat literasi keuangan syariah masih rendah, baru mencapai 9,14% di tahun 2022.

Berdasarkan riset ADB Institute, literasi keuangan merupakan faktor intrinsik yang mempengaruhi dan memotivasi masyarakat untuk mencari informasi dan bertindak, berdasarkan apa yang mereka ketahui. Dapat disimpulkan bahwa secara tidak langsung, itu artinya peningkatan indeks literasi keuangan syariah, akan meningkatkan indeksi inklusi keuangan syariah, sejalan dengan semakin besar pengetahuan masyarakat akan produk dan layanan keuangan.

“Oleh karena itu, mengambil moment di bulan Ramadhan ini, MES Kalsel bersama OJK Regional 9 Goes to Campus dimulai di STIE Indonesia Banjarmasin, nanti di hari Jum’at akan datang di ULM. In sya Allah program ini juga akan berlanjut ke kampus-kampus lainnya di Kalsel khususnya,” jelasnya.

Diungkapkannya, upaya-upaya literasi dengan berbagai segmen masyarakat, mulai dari Mahasiswa, para Pengusaha Muda, Pelaku UMKM, sampai dengan masyarakat umum dengan beragam usia, juga diupayakan melalui berbagai media, baik radio dan stasiun TV.

Selaku Ketua Umum MES Kalsel, Mairijani berharap kegiatan ini memberikan manfaat bagi semuanya, terutama para Mahasiswa dengan mendekatkan dan mengenalkan mereka tentang Kelembagaan, Produk dan Layanan Jasa Keuangan Syariah yang akan disampaikan para pakarnya.

Jangan lupa untuk Link Pendaftaran Diskusi Syariah (Dishare)

https://bit.ly/Daftar_dishare

*Link Pendaftaran Edukasi Keuangan Syariah 14 April 2023*

https://bit.ly/Daftar_ULM_Poliban

*Link Pendaftaran Edukasi Keuangan Syariah 6 April 2023*

https://bit.ly/Daftar_STIEI_Banjarmasin

Benefit :

1. Ilmu Yang Bermanfaat

2. Relasi

3. Sertifikat

4. Souvenir

Untuk Informasi silakan hubungi :

wa.me/6285930440639 (dimas)

wa.me/6283159930020 (adhel). (juns)

No plagiat